Cara Screenshot Hp Oppo

Cara screenshot hp Oppo – Jika kita membicarakan brand hp yang satu ini, pasti kita tahu bahwa sangat banyak penggunanya yang ada di Indonesia. Namun kali ini, kita tidak bahas tentang brandnya ya,,, Fokus kita dalam pembahasan kali ini yaitu tentang cara-cara screnshot hp oppo, yang mungkin ada beberapa yang belum kamu ketahui seperti pembahasan sebelumnya mengenai cara screenshot hp vivo.

Sebenarnya berapasih cara screenshot hp oppo yang telah kamu ketahui? Jika kamu hanya mengetahui 1 atau 2 cara, Maka kamu layak untuk mengetahui 4 cara screenshot oppo yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Apalagi bagi kamu sebagai pengguna hp oppo yang masih baru atau bahkan sudah lama, tapi masih belum tahu. Yaelah jangan samapai nggak tahu caranya ya gaes, untuk itu kita akan bahas beberapa cara screenshot hp oppo yang bisa diterapkan disemua tipe hp oppo termasuk yang kamu miliki.

Penasaran apa saja itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Cara Screenshot Oppo dengan tombol Power + Volume Down

Cara Screenshot Oppo dengan tombol Power Volume Down

Salah satu cara screenshot hp Oppo yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan kombinasi tombol power dan volume down yang terdapat di hp oppo yang kamu miliki. Cara screenshot yang pertama ini, kurang lebih sama seperti merk hp yang lainnya ya gaes. Jadi kamu dapat men-screenshot layar Oppomu dengan menggunakan tombol power dan tombol volume.

Lalu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan, jika kita menggunakan cara screenshot hp oppo dengan menggunakan tombol power dan volume down. Tenang gaes, kamu cukup ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini. Okey.

Berikut adalah cara screenshot hp oppo dengan menggunakan tombol power + volume down

  1. Pertama, buka terlebih dahulu layar mana yang akan kamu screenshot.
  2. Kemudian, kamu tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan dan tahan sampai beberapa detik saja.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat layar yang berkedip dan terdengar suara shutter seperti kamera. Itu berarti layar yang kamu screenshot sudah tertangkap.
  4. Untuk melihat hasil dari screenshot, kamu dapat melihatnya di bilah notifikasi atau di galeri hp oppomu.

2. Cara Screenshot Oppo dengan tombol Power + Volume Up

Cara Screenshot Oppo dengan tombol Power Volume Up

Sebenarnya cara screenshot Oppo yang kedua ini tidak jauh beda dengan cara pertama tadi. Namun, apabila cara screenshot Oppo yang pertama tadi menggunakan tombol power dan volume bawah, maka kali ini kita akan memakai cara screenshot Oppo dengan tombol power + volume atas.

Meskipun hanya berbeda pada tombol volume up dan volume down, akan tetapi fitur yang ditawarkan di dalam cara screenshot Oppo yang menggunakan kombinasi tombol power + volume up mempunyai lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan cara yang pertama.

Jika kamu menggunakan  cara yang satu ini, maka kamu dapat men-screenshot layar lebih panjang dan bisa juga men-screenshot area tertentu saja. Jadi, terdapat dua fitur yang ditawarkan jika kamu menggunakan kombinasi tombol power + volume up yakni screenshot area dan screenshot – Next page.

Seperti apa itu? Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung simak penjelasannya mengenai fitur-fitur tersebut dibawah ini.

a. Screenshot area

Apa yang dimaksud dengan screenshot area? Jadi, Screenshot area berfungsi untuk men-screenshot area layar pada bagian tertentu saja. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut adalah cara screenshot area hp oppo

  1. Pertama yang harus kamu lakukan yaitu menekan tombol power + volume up secara bersamaan dan tunggu sampai muncul opsi menu yaitu screenshot area, next page, dan save.
  2. Setelah itu, kamu pilih opsi screenshot area. Kemudian sesuaikan area yang akan kamu screenshot dengan cara menggeser bilah yang ada.
  3. Jika sudah, langkah terakhir yaitu pilih save untuk menyimpan.

b. Screenshot – Next page

Apa yang dimaksud dengan Screenshot – Next page? Jadi, Screenshot – Next page berfungsi untuk men-screenshot layar dalam bentuk yang panjang. Manfaat dari fitur yang satu ini dapat membuat tangkapan layar panjang, yang dapat melebihi satu ukuran layar.

Biasanya screenshot – Next page dapat kamu manfaat untuk menangkap layar chat atau artikel yang panjang atau lebih dari satu layar. Untuk caranya hampir sama dengan screenshot area atau kamu bisa simak dibawah ini.

Berikut adalah cara screenshot – Next page hp oppo

  1. Pertama yang harus kamu lakukan yaitu menekan tombol power + volume up secara bersamaan dan tunggu sampai muncul opsi menu yaitu screenshot area, next page, dan save.
  2. Kemudian, kamu pilih opsi next page. Kemudian gulir ke bawah sampai batas layar yang akan kamu screenshot.
  3. Setelah itu kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa screenshot yang kamu lakukan telah berhasil.
  4. Jika sudah, langkah terakhir yaitu pilih save untuk menyimpan.

3. Cara Screenshot Oppo Menggunakan quick gesture

Cara Screenshot Oppo Menggunakan quick gesture

Fitur yang menurut saya menarik yang terdapat di hp Oppo yakni fitur quick gesture. Fitur yang satu ini bisa membantumu untuk mengendalikan smartphone hanya melalui gestur tangan. Manfaat dari fitur quick gesture mempunyai yakni dapat digunakan untuk membuka kunci, melakukan tangkapan kamera, dan melakukan tangkapan layar atau screenshot.

Fitur ini adalah salah fitur bawaan yang terdapat dalam hp oppo, Oleh karena itu, kamu nggak perlu menambah aplikasi untuk diinstall. Namun, agar kamu dapat memakai fitur quick gesture ini, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkannya melalui pengaturan.

a. Cara Mengaktifkan Quick Gesture di Hp Oppo

  1. Pertama kamu harus lakukkan adalah membuka menu pengaturan, kemudian cari dan pilih opsi Gesture and Motion.
  2. Setelah itu, kamu cari submenu Quick Gesture.
  3. Selanjutnya yaitu aktifkan opsi Gesture Screenshot.

b. Cara menggunakan fitur quick gesture

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur quick gesture untuk hp oppo yang kamu miliki, yang harus kamu lakukkan yaitu cukup dengan menggunakan sentuhan jarimu untuk men-screenshot layar. Dengan catatan fitur quick gesture sudah diaktifkan dengan cara diatas.

  1. Pertama buka layar yang akan kamu screenshoot.
  2. Kemudian, silahkan gerakkan tiga jarimu secara bersamaan dari atas ke bawah.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat layar yang berkedip dan terdengar suara shutter seperti kamera. Itu berarti layar yang kamu screenshot sudah tertangkap.
  4. Untuk melihat hasil dari screenshot, kamu dapat melihatnya di bilah notifikasi atau di galeri hp oppomu.

4. Cara Screenshot Oppo dengan aplikasi longshot

Cara Screenshot Oppo dengan aplikasi longshot

Kemudian untuk cara screenshot hp oppo yang terakhir yaknik kita akan menggunakan batuan aplikasi yang bernama LongShot. Jadi, LongShot merupakan sebuah aplikasi khusus Android yang sangat populer yang digunakan untuk membuat tangkapan layar yang panjang dan bergulir.

Kamu bisa mengunduh Aplikasi ini di Play Store secara gratis. Adapun langkah-langkah yang yang harus kamu lakukan sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yaitu download aplikasi di Play Store LongShot.
  2. Kemudian, kamu tekan tombol kotak biru dengan ikon rana kamera, Maka akan muncul sebuah popup yang mengatakan akan menangkap apa yang ada di layarmu.
  3. Selanjutnya kamu tekan “Start Now.”
  4. Setelah itu, kamu akan dibawa ke layar beranda.
  5. Kemudian buka area yang akan kamu screenshoot, lalu tekan tombol hijau “Start” untuk memulai. Apabila “Auto Scroll” diaktifkan, maka hp kamu akan secara otomatis menggulir ke sisa halaman apa pun yang kamu telah buka serta akan mengambil tangkapan layar yang panjang.
  6. Langkah terakhir silahkan tekan tombol “Done” untuk menyimpan hasil screenshot yang kamu inginkan.

Tidak terasa kita telah membahas 4 cara screenshot hp Oppo yang mudah dan simpel, yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan tentang cara screenshot hp Oppo dalam artikel kali ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai smartphone yang anda miliki.

Tinggalkan komentar